Makalah bahasa indonesia sebagai alat kontrol sosial

                       MAKALAH
BAHASA INDONESIA
TENTANG BAHASA SEBAGAI ALAT KONTROL SOSIAL












                                                                                                                
DOSEN PENGAMPU :  NUR AINI V,M.Pd
Di Susun Oleh :
1. Mahrus                         ( 2017-02-01-0-0050 )
2. Hafidi                           ( 2017-02-01-0-0061 )
3. Lisatur Rosyidah          ( 2017-02-01-0-0038 )
4. Syaiful Anam               ( 2017-02-01-0-0027 )



FAKULTAS TEKNIK PRODI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM MADURA
TAHUN AKADEMIK 2017/2018



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan saya semua kekuatan serta kelancaran dalam menyelesaikan makalah mata kuliah Bahasa Indonesia yang berjudul “Bahasa Indonesia Sebagai Alat Kontrol Sosial” dapat selesai seperti waktu yang telah saya rencanakan. Tersusunnya makalah ini tentunya tidak lepas dari berbagai pihak yang telah memberikan bantuan secara materil dan moril, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan  penyusun, makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia . Makalah ini membahas tentang fungsibahasa sebagai alat komunikasi.
Tak ada gading yang tak retak Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penyusun harapkan untuk penyempurnaan makalah-makalah selanjutnya.




                                                                                        PAMEKASAN, 28 OKTOBER 2017

                                                                                        TIM PENULIS



DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL.............................................................. i
HALAMAN JUDUL................................................................ ii
KATA PENGANTAR............................................................. iii
DAFTAR ISI.......................................................................... IV
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................... 1
1.1            Latar belakang.............................................................1
1.2            Rumusan makalah....................................................... 1
1.3            Tujuan penulisan..........................................................1
1.4            Batasan masalah...........................................................1
        BAB 11 PEMBAHASAN.....................................................................2
                 2.1 Bahasa indonesia sebagai alat kontrol sosial
                 2.2  Contoh kontrol sosial
                 2.3  Berdasarkan sifatnya
                 2.4  Cara pelaksanaannya
                 2.5  Berdasarkan pelaku dan sasaran yang di tinjau
          BAB III PENUTUP
                   3.1  Kesimpulan
          DAFTAR PUSTAKA








BAB I
 PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan gagasan, pikiran, maksud dan tujuan kepada orang lain. Selain itu bahasa merupakan salah satu aspek dari kebudayaan. Sebagai salah satu manifestasi kebudayaan, bahasa memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dalam setiap kebudayaan bahasa merupakan suatu unsur pokok yang terdapat dalam masyarakat. Keanekaragaman bahasa dalam masyarakat, baik dalam cakupan yang luas (internasional), maupun bahasa nasional.
Bahasa juga memiliki peranan dalam kehidupan, karena selain digunakan sebagai alat komunikasi secara langsung, bahasa juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi secara tidak langsung yakni dalam bentuk tulisan, pada dasarnya bahasa merupakan ekspresi karena dengan bahasa manusia dapat menyampaikan isi hati dan berkomunikasi dengan sesamanya.
Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, bahasa  mengalami banyak pengembangan dan variasi. Sehingga  pengembangan bahasa itu sendiri sudah tidak asing lagi bagi negara manapun dan mempunyai berbagai macam sifat.
Tanpa adanya bahasa (termasuk bahasa Indonesia) ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu bahasa Indonesia di dalam struktur budaya, ternyata memiliki kedudukan, fungsi, dan peran ganda, yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa peran bahasa serupa itu, ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan dapat berkembang.Oleh karena itu, jika cermat dalam menggunakan bahasa, kita akan cermat pula dalam berfikir karena bahasa merupakan cermin dari daya nalar (pikiran). Fungsi bahasa terdapat dua bagian, yaitu fungsi bahasa secara umum dan secara khusus

B.  Rumusan Masalah
Dari pokok masalah ini akan dijelaskan dalam rumusan-rumusan masalah sebagai berikut.
1.    Apakah fungsi bahasa sebaai alat kontrol sosial
2.    Seperti apakah contoh bahasa sebagai alat kontrol sosial
C. Tujuan
Berdasarkan uraian permasalahan di atas, penelitian ini memiliki tujuan yaitu sebagai berikut.
1.      Untuk menyelesaikan tugas bahasa indonesia tengtang fungsi bahasa sbagai alat kontrol sosial
D.  Manfaat
Penelitian ini diharapkan dapat berguna dan bermanfaat untuk berbagai pihak, diantaranya adalah sebagai berikut.
1.    Sebagai masukan dan pedoman dalam bidang pengajaran, khususnya dalam bidang pengajaran bahasa indonesia.
2.    Sebagai bahan pelajaran bagi mahasiswa
3.    Sebagai pendalaman dan pengembangan ilmu .
4.    Sebagai bahan referensi bagi sang pembaca lainnya yang ingin membuat makalah yang santun






BAB II
KAJIAN PUSTAKA
(BAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT KONTOL SOSIAL)
2,1 Bahasa sebagai alat kontrol sosial
Bahasa merupakan alat kontrol sosial yang sangat efektif. Karena sehari-hari kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi antar sesama, baik berupa lisan maupun tulisan. Kita dapat melihat para polisi yang menegur para pelanggar lalu lintas, polisi tersebut menegur menggunakan bahasa sebagai kontrol sosial dimana fungsinya adalah agar pelanggar tersebut tidak mengulangi hal yang sama dikemudian hari. Begitu juga dengan adanya sosialisasi pemilu damai, dimana sosialisasi tersebut sebagai kontrol bahasa yng memiliki fungsi untuk menghimbau masyarakat untuk tetap damai pada saat pemilu berlangsung.
 Kontrol sosial ini dapat diterapkan pada diri kita sendiri atau kepada masyarakat. Berbagai penerangan, informasi, maupun pendidikan disampaikan melalui bahasa. Buku-buku pelajaran, buku- buku instruksi, ceramah agama (dakwah), orasi ilmiah atau politik adalah contoh penggunaan bahasa sebagai alat kontrol sosial. Selain itu, kita juga sering mengikuti diskusi atau acara bincang-bincang (talk show) di televisi dan radio, iklan layanan masyarakat atau layanan sosial merupakan salah satu wujud penerapan bahasa sebagai alat kontrol sosial. 
2.2 Contoh kontrol sosial
Kontrol sosial dalam masyarakat dapat dibedakan berdasarkan sifatnya (preventif dan represif), cara pelaksnaannya (persuasif dan koesif) dan pelaku dan sasaran yang ditinjau (individu dan kelompok).
Contoh lain misalnya, di jalanan kita sering meihat adanya iklan-iklan yang menghimbau kita untuk bayar pajak ataupun himbauan untuk menghemat air. Iklan-iklan tersebut juga merupakan kontrol sosial karena adanya ajakan untuk berbuat yang lebih baik. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa kontrol sosial merupakan cara yang terencana ataupun tidak terencana untuk menertibkan atau mengendalikan suatu individu atau kelompok agar dapat mematuhi nilai-nilai dan kaidah-kaidah yang berlaku di suatu tem.
2.3 Berdasarkan sifatnya
  • Upaya Preventif : upaya ini dilakukan sebelum terjadinya penyimpangan sosial, upaya ini termasuk dalam pencegahan kontrol sosial. Contoh : pengadaan sosialisasi yang mengusung gerakan pemilu yang damai.

  • Upaya Represif : upaya ini dilakukan setelah terjadinya penimpangan sosial, upaya ini dilakukan untuk mengembalikan kedamaian dan ketertiban seperti semula. Contoh : penjatuhan hukuman penjara kepada para narapidana.
 2.4  Cara pelaksanaannya
  • Cara Persuasif : cara ini dilakukan dengan cara mengajak atau membimbing masyarakat agar bertindak sesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai serta kaidah kaidah yang berlaku. Contoh : seorang guru menasihati siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya.
  • Cara Koersif : cara ini dilakukan dengan cara memaksa masyarakat sesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai serta kaidah kaidah yang berlaku. Contoh : SATPOL-PP melakukan penggusuran rumah-rumah yang menempati tanah illegal
2.5 Berdasarkan pelaku dan sasaran yang di tinjau
  • Individu terhadap individu lain : seorang guru menasihati seorang siswa yang tidak mengerjakan tugasnya.
  • Individu terhadap kelompok : seorang polisi memperingatkan sekelompok pelajar yang ingin tawuran.
Sebagai alat kontrol sosial, bahasa sangat efektif. Kontrol sosial ini dapat diterapkan pada diri kita sendiri atau kepada masyarakat. Berbagai penerangan, informasi, maupun pendidikan disampaikan melalui bahasa. Buku-buku pelajaran dan buku-buku instruksi adalah salah satu contoh penggunaan bahasa sebagai alat kontrol sosial.
Ceramah agama atau dakwah merupakan contoh penggunaan bahasa sebagai alat kontrol sosial. Lebih jauh lagi, orasi ilmiah atau politik merupakan alat kontrol sosial. Kita juga sering mengikuti diskusi atau acara bincang-bincang (talk show) di televisi dan radio. Iklan layanan masyarakat atau layanan sosial merupakan salah satu wujud penerapan bahasa sebagai alat kontrol sosial. Semua itu merupakan kegiatan berbahasa yang memberikan kepada kita cara untuk memperoleh pandangan baru, sikap baru, perilaku dan tindakan yang baik. Di samping itu, kita belajar untuk menyimak dan mendengarkan pandangan orang lain mengenai suatu hal.

Contoh fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial yang sangat mudah kita terapkan adalah sebagai alat peredam rasa marah. Menulis merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meredakan rasa marah kita. Tuangkanlah rasa dongkol dan marah kita ke dalam bentuk tulisan. Biasanya, pada akhirnya, rasa marah kita berangsur-angsur menghilang dan kita dapat melihat persoalan secara lebih jelas dan tenang. Semangat siang.
Yang dimaksud dengan Bahasa Sebagai Kontrol Sosial bahwa suatu bahasa dapat digunakan untuk mengontrol suatu kegiatan manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu, bahasa sebagai alat kontrol sosial juga dapat diartikan bahwa peranan bahasa ini sangatlah penting untuk melakukan kontrol ketika menyampaikan sesuatu kepada lawan bicaranya.

Bahasa sebagai alat kontrol sosial­ dapat memengaruhi sikap, tingkaalaku, dan tutur kata seseorang karena dapat diterapkan terhadap diri dan juga masyarakat.

Sebagai contoh buku-buku pelajaran, ceramah agama, penyeluhan, orasi ilmiah, mengikuti diskusi serta iklan layanan. Contoh lain yang dapat menggambarkan fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial adalah sebagai alat peredam rasa marah.




BAB III
 PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial memang amat penting sebab dengan adanya fungsi tersebut seseorang akan lebih berhati-hati dalam mengutarakan pendapat, berkata dan berdebat.

Fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial bisa dijabarkan menjadi beberapa hal, yakni:
1.     Bahasa dapat mengontrol suatu kejadian yang ada dalam masyarakat.
2.     Bahasa dapat mengontrol emosi yang ada pada diri pribadi maupun kelompok.
3.     Bahasa dapat menjadi tanda seseorang yang santun maupun tidak.
4.     Bahasa menjadi tanda suatu penyampaian yang tegas dan tidak.
5.     Bahasa menjadi tanda bagi seseorang yang bersikap brutal ataupun kalem.
  1. Bahasa dapat mengontrol suatu kejadian yang ada dalam masyarakat.
  2. Bahasa dapat mengontrol emosi yang ada pada diri pribadi maupun kelompok.
  3. Bahasa dapat menjadi tanda seseorang yang santun maupun tidak.
  4. Bahasa menjadi tanda suatu penyampaian yang tegas dan tidak.
  5. Bahasa menjadi tanda bagi seseorang yang bersikap brutal ataupun kalem.
  6. Bahasa dapat mengontrol jenis orasi yang baik, sopan dan santun.
Bahasa dapat mengontrol kondisi sosial yang tengah membuncahSelain sebagai kontrol sosial, bahasa juga memiliki fungsi lain seperti:










DAFTAR PUSTAKA














Komentar

Posting Komentar